Jokowi Selalu Teringat Trisakti Bung Karno Sang Proklamator



Jokowi selalu teringat trisakti Bung Karno

Wali Kota Solo Joko Widodo mengaku sangat suka dengan cara berpikir Bung Karno. Terutama prinsip trisakti yang selalu menjadi dasar dan landasan Bung Karno dalam memimpin negara.

“Saya selalu ingat trisakti-nya Bung Karno. Berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam budaya,” ujar Jokowi, saat menyampaikan orasinya dalam acara Orasi Kebudayaan dan Pentas Seni Rakyat untuk memperingati Bulan Bung Karno di Tugu Proklamasi, Cikini, Jakarta, Sabtu (23/6).

Calon gubernur DKI Jakarta yang diusung PDIP ini mengatakan selalu mengingat perjuangan Bung Karno dalam membangun Indonesia saat awal-awal kemerdekaan.

“Saya ingat Bung Karno membangun Monas sebagai line up Jakarta yang tidak kalah dengan menara Eiffel di Paris. Ini adalah cara Bung Karno dalam membangun Indonesia. Saya bangga sebagai bangsa Indonesia, bangga di Jakarta,” ucapnya.

Ketika berbicara soal Pancasila, Jokowi berharap seluruh rakyat Indonesia bisa menjunjung tinggi nilai Pancasila, dan menjadikan Pancasila sebagai gaya hidup dalam bermasyarakat.

“Kita bicara Pancasila, tapi sehari-hari tak mengacu pada Pancasila. Pada kehidupan sehari, karakter kita, ciri kita, tapi tidak mengacu pada Pancasila,” tegasnya.

Jokowi pun bercerita soal pengalamannya mempromosikan mobil Esemka. Pria yang mencalonkan diri sebagai Cagub DKI Jakarta ini mengatakan bahwa saat dirinya membayangkan jika mobil nasional memenuhi jalan-jalan di Indonesia.

“Kenapa harus buat Mobil Esemka, karena sampai saat ini Indonesia belum punya mobil nasional. Saya bayangkan kalau mobil di jalan itu 99 persen mobil Esemka, bayangkan? Betapa senangnya karena dibuat pemuda kita sendiri,” kata Jokowi.

Sumber:merdeka.com

Berkomentarlah Disini Guna Menghargai Artikel Blog Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s