Kisah Bung Karno Dan Kiar Si Anjing


Persahabatan Bung Karno dengan anjing kampung Kiar

Semasa kecilnya, Presiden Soekarno selalu ditemani oleh Sarinah. Wanita desa itu senantiasa menemaninya bermain, makan bahkan hingga menemaninya tidur.

Namun, selepas Soekarno beranjak dewasa, Sarinah sudah tak ada lagi. Wanita yang sangat berjasa bagi Bung Karno itu telah meninggal dunia.

Soekarno pun sedih. Sang putra fajar kemudian tidur ditemani kakak wanitanya yang bernama Sukarmini, di tempat tidur yang biasa ditidurinya bersama Sarinah.

Selain dengan kakaknya, Soekarno juga tidur dengan Kiar. Namun, Kiar bukanlah seorang gadis. Kiar adalah seekor anjing kesayangan Bung Karno.

“Kiar bukanlah gadis, dia cuma seekor anjing campuran jenis fox terrier dengan jenis anjing kampung Indonesia,” demikian cerita Sukarmini dalam buku ‘Bung Karno Masa Muda’ terbitan Pustaka Antar Kota di halaman 17.

Sarinah memang memiliki arti penting bagi Soekarno. Presiden pertama RI itu bahkan mengaku banyak belajar cinta kasih terhadap sesama dari Sarinah.

Semasa kecilnya Bung Karno sering kali menemani Sarinah memasak di sebuah gubuk kecil di dekat rumahnya. Saat itulah Sarinah selalu menasehati Soekarno kecil.

“Pada kesempatan itu sering kali Sarinah mengingatkan Soekarno dengan kata-kata: ‘Karno, yang terutama harus engkau cintai adalah ibumu. Akan tetapi kemudian engkau harus pula mencintai rakyat jelata engkau harus mencintai manusia umumnya,” kenang Sukarmini.

Begitu besarnya jasa Sarinah terhadap Bung Karno dan keluarga, sampai-sampai keluarga Bung Karno menganggapnya bukan orang lain di dalam keluarga.

“Dia bukan sekadar pembantu seperti yang dikenal oleh kehidupan orang Barat dan kehidupan orang kota sekarang ini. Sarinah bagi kami lebih merupakan keluarga daripada pembantu,” kata Sukarmini.

Sumber :merdeka.com

2 pemikiran pada “Kisah Bung Karno Dan Kiar Si Anjing

  1. Ping balik: karen agustiawan facebookCamfrog | Camfrog

Berkomentarlah Disini Guna Menghargai Artikel Blog Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s