Para Politikus Jadikan Makam Janda Soekarno Untuk Numpang Ngetop


Para politikus numpang ngetop di makam janda Soekarno

 

Inggit Garnasih adalah perempuan di balik kehebatan Bung Karno untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tahun 1984 Janda Presiden Pertama Republik Indonesia itu wafat, dan di makamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Babakan Ciparay (Porib), Bandung.

Jarak dari TPU Porib ke rumahnya di Jalan Ciateul (Jalan Inggit Garnasih sejak 1997) sekitar 5 kilometer. Makam yang semula semi terbengkalai kini sudah tampak elok.

Namun, keelokan makam itu kini terkadang dimanfaatkan politikus lokal dan nasional yang sedang mengincar jabatan di kursi dewan.

Juru kunci rumah Inggit Garnasih, Jajang Ruchiyat (37) mengaku selain momen-momen hari besar nasional seperti hari kemerdekaan RI, Hari Pahlawan, jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) biasanya suka banyak politikus yang mencari muka. Meski dia tidak mengetahui siapa pasti mereka. Kebanyakan para politikus ini nyekar sekadar mencari popularitas.

“Mereka datang dan mengundang wartawan,” beber Jajang kepada merdeka.com.

“Kalau saya selain untuk diri saya sebagai pahala, saya ingin mendoakan beliau karena perjuangannya. Atas dasar ini juga saya mau bertahan jaga rumah Inggit agar terus terpelihara,” tandasnya. Jajang mengaku minimal satu bulan sekali mengunjungi makam Inggit.

Sementara putri dan cucunya masih sering berziarah ke makam Inggit Garnasih. Mereka mendoakan selalu agar ibu Inggit mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya.

Menurutnya makam tersebut sempat semi terbengkalai. Tidak ada yang terlalu istimewa dibandingkan makam lainnya. Yang membedakan hanya luasnya dan ditutupi atap.

“Dulu sempat agak terbengkalai, tapi 2011 direnovasi dengan bantuan dari Pemerintah Provinsi dan Simpatisan yang mengatasnamakan anak bangsa,” ucapnya.

Adapun fasilitas untuk para peziarah adalah tempat wudhu, shalat, dan berdoa beserta taman yang cukup luas dengan diberi pembatas tembok.

Sumber :Merdeka

Berkomentarlah Disini Guna Menghargai Artikel Blog Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s