Inilah Presiden Termiskan Yang Dermawan Didunia


 

Biasanya seorang presiden umumnya hidup enak dan nikmat dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang diberikan.

Namun presiden yang satu ini berbeda dari biasanya presiden yang ada. Dia mendapat sebuah julukan dari rakyatnya sebagai ‘presiden paling miskin di dunia’.

Presiden Uruguay Jose Mujica dijuluki sebagai “el presidente mas pobre” yang berarti presiden termiskin. Ini disebabkan karena presiden yang berusia 77 tahun tersebut menyumbangkan hampir seluruh gajinya sebagai orang nomer satu untuk rakyat.
Dia mengakui kepada surat kabar berbahasa Spanyol, El Mundo, sebagian besar gajinya sebagai presiden disumbangkan untuk amal. Sebab itu, banyak orang menyebut dia presiden paling dermawan dan presiden termiskin di dunia.

Surat kabar the Lookout melaporkan, Kamis (20/9), Jose Mujica mengungkapkan hanya mengambil Rp 11.931.250 dari gaji Rp 119.312.500 per bulan, sisanya untuk amal. “Saya merasa cukup dengan gaji sebesar itu. Saya harus melakukan ini karena masih banyak warga Uruguay hidup kekurangan,” kata Mujica.
Presiden-Jose-Mujica-Termiskin_3

Presiden-Jose-Mujica-Termiskin_2

Presiden-Jose-Mujica-Termiskin_5

Presiden-Jose-Mujica-Termiskin_4Istri Mujica seorang senator, juga menyumbangkan sebagian gajinya. Mujica dan istrinya tinggal di sebuah desa di pinggiran Ibu Kota Montevideo. Bukan di istana seperti kepala negara pada umumnya.

Pengeluaran terbesar Mujica hingga saat ini adalah mobil Volkswagen Beetle (VW kodok) seharga Rp 18.594.200. Dia menolak memakai mobil dinas.

Apa yang dilakukan Mujica ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Mujica adalah mantan pejuang yang terpilih pada pemilihan umum 2010. Mujica mengaku tidak memiliki rekening bank dan utang.

Tidak berlebihan jika Presiden Jose Mujica pantas untuk dicontoh oleh semua pemimpin di dunia ini, berjuang semata untuk kepentingan rakyat.

 

Satu pemikiran pada “Inilah Presiden Termiskan Yang Dermawan Didunia

Berkomentarlah Disini Guna Menghargai Artikel Blog Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s