Sundel Bolong,Mitos Dan Asal Usul


Updateberitamu – Dari nama Sundel Bolong saja sudah terdengar seram apalagi melihat secara nyata wujud dari sundel bolong. Mungkin sahabat anehdidunia.com bertanya tanya apakah benar sundel bolong itu nyata atau hanya sekedar mitos dari orang orang terdahulu. Disini kita akan membahas sundel bolong yang kita dapat dari wikipedia dan berbagai website. Semoga membantu
Sundel bolong (dalam bahasa melayu: sundal bolong) adalah mitos hantu dari nusantara yang umumnya digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang warna putih yang bolong (“berlubang tembus”) di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat.

 

Banyak yang menyangka bahwa Sundel Bolong sama dengan Kuntilanak, karena dalam mitosnya, keduanya digambarkan sama-sama berambut panjang dan mengenakan gaun putih. Hal yang membedakan antara penggambaran sundel bolong dengan kuntilanak adalah punggungnya yang bolong (berlubang). Mitos hantu sundel bolong juga telah menjadi mitos yang umum di Malaysia setelah dibawa oleh imigran-imigran dari nusantara.

Etimologi
Penamaan “sundel bolong” berasal dari pelafalan nusantara untuk istilah “sundal bolong”. “Sundal” umumnya merujuk pada “wanita jalang” atau “pelacur”, dan “bolong” adalah bahasa Jawa yang berarti “berlubang tembus” yang merujuk pada penggambaran hantu sundel bolong yang mempunyai lubang di bagian punggungnya yang terlihat tembus ke depan.

Mitos nusantara
Dalam mitos nusantara, hantu sundel bolong adalah arwah penasaran dari wanita yang mati karena diperkosa dan kemudian melahirkan anaknya di dalam kubur. Sundel bolong menurut mitos juga suka mencuri bayi-bayi yang baru saja dilahirkan. Sundel bolong menurut mitos sangat malu dengan lubang pada badannya dan selalu berusaha menutupinya.

Hantu sundel bolong dikatakan sering menjelma sebagai wanita cantik yang berjalan seorang diri di jalan yang sunyi. Ada dugaan bahwa mitos ini dahulu diciptakan dan di sebarkan di nusantara untuk menghindarkan wanita yang berjalan sendirian saat malam hari di pedesaan dari gangguan laki-laki yang berniat jahat, terutama untuk memperkosa.


Pesugihan Sundel Bolong
Salah satu pesugihan yang sering dianut orang adalah meminta jasa Sundel Bolong. Sundel Bolong adalah lelembut perempuan yang sangat cantik, tetapi punggungnya berlubang. Penganut pesugihan ini, setelah meninggal dunia secara otomatis akan menjadi pengikut Sundel Bolong.

Menurut cerita yang beredar, penganut pesugihan ini dapat dideteksi ketika mereka masih hidup. Wajah pengikut Sundel Bolong selalu tampak suram, walaupun ia seorang perempuan yang sangat cantik. Dan pertanda itu makin jelas setelah penganut pesugihan meninggal dunia.

Konon, mereka yang memperoleh kekayaan dengan cara ini ketika meninggal dunia jasadanya segera berubah. Bahkan ketika dimandikan perubahan itu sudah dapat dideteksi. Pada punggung mayat akan terlihat tanda kehitam-hitaman (membentuk lingkaran) yang cukup besar.

Kabarnya, warna hitam itu akan segera berubah menjadi lubang manakala sudah dikebumikan dan ditinggal sampai jarak 40 kaki. Saat itulah jasad akan berubah menjadi Sundel Bolong dan otomatis menjadi pengikut Sundel Bolong yang telah memberikan kekayaan.

Dan setelah pencari kekayaan Sundel Bolong meninggal dunia, maka warisannya pun akan segera menyusut. Entah dengan cara bagaimana, kekayaan itu segera berkurang. Konon, kekayaan yang disimpan dalam almari sekalipun bisa berubah menjadi belatung dan menghilang di balik tanah.

Memang, sangat sulit untuk menghindari perjanjian gaib yang telah disepakati antara pencari pesugihan dengan mahkluk halus yang bersedia membantunya. Kabarnya, ada beberapa ahli supranatural yang dapat membantu pencari pesugihan Sundel Bolong agar arwahnya tidak diganggu oleh Sundel Bolong.

Sumber : Anehdunia

2 pemikiran pada “Sundel Bolong,Mitos Dan Asal Usul

Berkomentarlah Disini Guna Menghargai Artikel Blog Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s